SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI SURAT PENGANTAR BERBASIS WEBSITE DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA DESA TAMBAKSARI KIDUL KABUPATEN BANYUMAS
Abstract
Di era otonomi daerah, desa merupakan bagian yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan dan bersetuhan langsung dengan masyarakat terutama dalam pelayanan publik. Sejalan dengan agenda reformasi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi bahwa setiap individu dan organisasi dituntut untuk mengembangkan diri guna meningkatkan pelayanan masyarakat. Pengelolaan administrasi dan arsip yang konvensional harus diubah menjadi berbasis sistem dan digital. Tambaksari Kidul adalah sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Kembaran, Banyumas, Jawa Tengah. Sebuah Desa tentunya memiliki sebuah Kantor Balai Desa yang berfungsi untuk melakukan pencatatan dan pengolahan data penduduk desanya. Pelayanan administrasi yang mereka layani salah satunya adalah merealisasi surat pengantar yang di bawa warga desa. Namun dalam proses pembuatan surat pengantar, kerap kali warga merasa kesulitan di karenakan sulit untuk bertemu dengan ketua RT dan ketua RW untuk meminta tanda tangan. Sehingga dalam pembuatan surat pengantar membutuhkan waktu beberapa hari, hal ini tentu saja membuat warga merasa pembuatan surat pengantar memakan waktu dan tenaga yang cukup lama. Maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem informasi pelayanan administrasi surat pengantar berbasis website dengan framework codeigniter guna meningkatkan kualitas pelayanan pada desa Tambaksari Kidul Kabupaten Banyumas, yang di harapkan dapat membantu warga dalam melakukan proses pengajuan permohonan surat pengantar kapan saja dan dimana saja tanpa harus memakan waktu dan tenaga yang cukup lama.
Downloads
References
[2] Rozi, F., & Listiawan, T. (2007). Pengembangan Website dan Sistem Indormasi Desa Di Kabupaten Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pengembangan Informatika).
[3] Bintaro, R. (1986). Desa -Kota, Bandung : Ghalia Indonesia
[4] Thomas Wijaya (1992). Koresponden bisnis : bentuk dan bahasan surat, bagian jenis surat, contoh aneka surat.
[5] Iksanudin, M. S. (2018). Mengusasai Framework Symfony.
[6] Rossa, & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika
[7] Setyawati, E., Sarwani, Wijoyo, H., & Soeharmoko, N. (2020). Relational
Database Management System (RDBMS). Banyumas: CV. Pena Persada.
[8] Wijoyo, H. (2020). Analisis Pengendalian Internal Dalam Pemberian Kredit Pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Indomitra Mandiri. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(4), 157-162.
[9] Wijoyo, H., & Marpaung, S. L. (2020). The Influence of Quality Information and Reputation Of TIX ID Application Toward the Interest of Purchase Tickets Online in XXI Cinema Ciputra Seraya Mall Pekanbaru City. Jurnal Suluh Pendidikan, 8(2), 9-21.
[10] Yahya, M., & Wijoyo, H. (2020). Developing School Information Program: Integrated Management System based on Character Value at SMP Negeri 9 Tapung. International Journal of Asian Education, 1(3), 179-186.
[11] ijoyo, H. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DAN ABSENSI KARYAWAN MEGARA HOTEL PEKANBARU BERBASIS WEB. Ekonam: Jurnal Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, 2(2), 56-76.