RANCANG BANGUN GAME RPG SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

  • Irfan Mochamad Esa UPI

Abstrak

Teknologi sudah menjadi aspek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari di jaman ini. Salah satu bidang dari teknologi yang sedang berkembang adalah pemrograman. Untuk mendalami bidang pemrograman, cara yang paling umum dilakukan adalah dengan menjalani mata kuliah Algoritma dan Pemrograman. Namun, mata kuliah Algoritma dan Pemrograman seringkali menjadi kesulitan yang menantang bagi mahasiswa yang menjalani mata kuliah tersebut sehingga menjadi hambatan untuk mendalami pemrograman. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti mengangkat penelitian dengan pengembangan game RPG sebagai sarana untuk mempermudah mahasiswa maupun calon mahasiswa yang berminat mendalami pemrograman. Peneliti akan menggunakan metode GDLC untuk pengembangan game tersebut. Selain itu, LORI juga akan digunakan untuk memastikan ketepatan konsep penelitian ini.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

[1]. Annisa Rahmayanti. (2018)
Rancang Bangun Multimedia Pembelajaran Berbasis Game Dengan Model Drill And Practice Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pemrograman Dasar. S1 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

[2]. Danjing Zhou. (2019).
Insights Into The Indonesian Games Market. Newzooo. Avaliable At: Https://Newzoo.Com/Resources/Blog/Insights-Into-The-Indonesian-Games-Market (Diakses: December 14, 2023 ).
[3]. Dihni, V.A. (2022)
Jumlah Gamers Indonesia Terbanyak Ketiga Di Dunia. Databoks. Available At: Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/02/16/Jumlah-Gamers-Indonesia-Terbanyak-Ketiga-Di-Dunia (Diakses: March 19, 2023).

[4]. Senie Destya, Isnanto Prasetyo, Rizky. (2016). "PENYUSUNAN GUIDELINE DESAIN PEMBELAJARAN PADA E-LEARNING PEMBELAJARAN AL-QUR’AN". Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia. STMIK Amikom.

[5]. Farida Agus Setiawati, Djemari Mardapi, S. A. (2013). Penskalaan Teori Klasik Instrumen Multiple Intelegences Tipe Thurstone Dan Likert. Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 2(17), 259–274. Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jpep/Article/View/1699
Diterbitkan
2025-04-04
##submission.howToCite##
[1]
I. Esa, “RANCANG BANGUN GAME RPG SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN”, Jurnal informasi dan komputer, vol. 13, no. 01, hlm. 72-80, Apr 2025.