SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS RANCANGAN PETA DIGITAL RUTE ANGKUTAN UMUM KOTA BANDAR LAMPUNG

  • Dwi Marisa Efendi
Keywords: GIS, Angkutan Umum, Angkot, BRT, Rute, Bandar Lampung.

Abstract

ABSTRAK
Saat ini perkembangan teknologi informasi sangat berkembang dengan pesat bahkan tidak terbendung lagi. Baik masalah komunikasi, yang belakangan ini seakan tidak ada jarak lagi, segala sesuatu terasa dekat, itu semua karena teknologi. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, muncul suatu perkembangan teknologi yaitu GPS (Global Positioning System). Bertujuan untuk mengetahui letak tempat yang akan dituju dan mengetahui dimana pengguna berada dengan bantuan sinyal satelit, GPS sendiri dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat mengenai posisi, kecepatan, arah dan waktu (Lukmana, 2014).
Dalam penelitian ini, peneliti merancang dan membangun aplikasi Rancangan peta digital rute angkutan umum di Kota Bandar Lampung berbasis web dengan yang memanfaatkan teknologi GIS di dalamnya. Aplikasi berguna untuk pencarian rute angkutan kota (Angkot) dan Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Bandar Lampung, sehingga pengguna tidak lagi merasa kesulitan dalam mencari angkutan umum untuk menuju lokasi tujuan mereka terutama bagi para pendatang di Kota Bandar Lampung.
Selain itu aplikasi ini dapat menampilkan informasi mengenai trayek angkot dan BRT sehingga dapat menambah wawasan pengguna. Dalam membangun aplikasi peneliti menggunakan metode Xtreme Programing dan menggunakan Macromedia dreamweaver 8. Hasilnya aplikasi “Sistem Infromasi Geografis Pencarian Rute Angkutan Umum Kota Bandar Lampung” berhasil dibangun dan berguna bagi setiap pengguna yang telah menggunakan aplikasi ini,

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-20
How to Cite
[1]
D. Efendi, “SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS RANCANGAN PETA DIGITAL RUTE ANGKUTAN UMUM KOTA BANDAR LAMPUNG”, Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 5, no. 1, pp. 26-33, Apr. 2017.