SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENILAIAN KARYAWAN BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE SAW DAN AHP

  • MERRI PARIDA STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi
  • Achmad Benny Mutiara
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Penilaian Karyawan Berprestasi, Simple Additive Weighting (SAW), Analytic Hierarchy Process (AHP)

Abstract

ABSTRAK
STAI Ibnu Rusyd kotabumi adalah sebuah perguruan tinggi yang selalu berupaya dalam peningkatan mutu internal secara berkelanjutan agar dapat bersaing dengan perguruan tinggi swasta lain. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan penilaian terhadap karyawan. Penilaian tersebut dilakukan untuk mengetahui karyawan berprestasi, akan tetapi penilaian karyawan yang dilakukan selama ini masih menggunakan metode manual. Berdasarkan kondisi tersebut maka diperlukan adanya metode yang tepat dan akurat dalam mengelola data penilaian karyawan.
Menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan Analytic Hierarchy Process (AHP) di hitung nilai masing-masing karyawan yang melibatkan beberapa kriteria yaitu kriteria komitmen, manajemen, kerjasama dan hasil kerja setelah perhitungan dilakukan maka ditentukan manakah metode yang paling tepat.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Analytic Hierarchy Process (AHP) lebih tepat untuk studi kasus pemilihan karyawan berprestasi karena pemilihan karyawan berprestasi ini melibatkan banyak subkriteria, dimana AHP dianggap tepat untuk mewakili pemikiranalamiah yang cenderung mengelompokkan elemen sistemke level-level yang berbeda dari masing-masing level berisi elemen yang serupa dan juga menyediakan skala pengukuran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-25
How to Cite
[1]
M. PARIDA and A. Mutiara, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENILAIAN KARYAWAN BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE SAW DAN AHP”, Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 4, no. 2, pp. 1-12, Mar. 2017.

Most read articles by the same author(s)