EVALUASI PENGGUNAAN EDMODO TERHADAP MOTIVASI DAN KOMPETENSI BAGI MAHASISWA

  • Alhibarsyah Alhibarsyah
Keywords: Motivasi, Kompetendi, e-Learnig, edmodo, COBIT

Abstract

Keterlibatan e-learning dalam dunia pendidikan sekarang ini, bukan lagi dianggap sebagai hal yang baru, akan tetapi sudah menjelma menjadi salah satu kebutuhan yang harus dimiliki dan dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh perguruan tinggi. Hal ini harus dilakukan apabila perguruan tinggi tersebut ingin meningkatkan kualitas perguruan tinggi kepada para stakeholder, dan meningkatkan keunggulan bersaing (competitive advanced) dengan perguruan tinggi lainnya. Sudah menjadi kenyataan bahwa perguruan tinggi yang memiliki reputasi, menerapkan e-learning dalam berbagai kegiatan dalam proses perkuliahan, baik dalam pemberian materi kuliah, tugas-tugas dan diskusi, agar peran e-learning dapat berjalan dengan maksimal maka perlu adanya perencanaan yang baik, implementasi yang sesuai dengan rencana yang sudah disusun, dan evaluasi yang dilakukan secara terus-menerus, atau harus selaras dan mendukung visi, misi, dan tujuan perguruan tinggi, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi perkuliahan bagi mahasiswa. Dengan adanya e-learning edmodo di harapkan dapat meningkatkan kompetensi pada mahasiswa dari segi kombinasi dari keterampilan (skill), pengetahuan (knowledge), dan perilaku yang dapat diamati dan diterapkan secara kritis untuk suksesnya sebuah sistem pembelajaran dengan alat bantu  internet serta kontribusi pribadi terhadap sistem pembelajaran tersebut serta meningkatkan motivasi yang mendorong atau menjadi sebab seseorang melakukan suatu kegiatan atau perbuatan yang berlangsung secara sadar. Salah satu pendukung e-learning yang digunakan saat ini yaitu edmodo karena edmodo merupakan suatu jejaring sosial berbentuk pembelajaran yang banyak membantu dosen dan mahasiswa dalam proses perkuliahan dan perkuliahan tanpa batasan menggunakan teknologi maklumat. Laman web Edmodo berfungsi sama seperti laman sosial yang lain seperti “Facebook” dan “Twitter” tetapi Edmodo lebih menekankan aspek pembelajaran secara maya. Edmodo dirancang untuk membuat mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Dalam Edmodo, dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan penilaian serta pemahaman mahasiswa dan lencana penghargaan kepada mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.

Salah satu alat yang digunakan untuk mengevaluasi tingkat motivasi dan kompetensi penggunaan e-learning edmodo adalah COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) yang di tekan pada domian Deliver and Support (DS) domain ini menitikberatkan pada teknis-teknis yang mendukung terhadap proses penggunaan edmodo dan Monitor and Evaluate (ME) Domain ini dikonsentrasikan pada monitoring dan evaluasi penggunaan edmodo. COBIT suatu model standar yang menyediakan dokumentasi best practice pengelolaan e-learning yang dapat membantu pihak akademik khususnya dosen dan mahasiswa untuk menjembatani proses perkuliahan.

                Dalam penelitian ini akan dibagikan kuesioner kepada dosen dan mahasiswa. Data ini akan diolah untuk melihat tingkat kematangan atau maturity level dari masing-masing control objective yang ada pada domain Deliver and Support serta domain Monitor and Evaluate. Apabila terjadi gap antara current maturity dan expected maturity, maka akan dibuat rekomendasi prosedur apa saja yang harus diikuti untuk menutup gap tersebut, sehingga expected maturity dapat tercapai. Hasil pengujian terhadap hipotesis menunjukkan bahwa hasil akhir dari perhitungan maturity level yang dihitung tingkat motivasi dan kompetensi (maturity level) dalam penelitian ini, adalah semua proses-proses penggunaan edmodo dalam 2 (dua) domain COBIT, yaitu Deliver and Support (DS) dan Monitor and Evaluate (ME). sehingga hasil akhir yang diperoleh pada penelitian ini adalah bahwa e-learning edmodo sangat berpengaruh terhadap motivasi dan komptensi perkuliahan bagi mahasiswa. Variabel  motivasi yang dipengaruhi variabel kompetensi berpengaruh terhadap edmodo. Pengaruh variabel edmodo berinteraksi dengan variabel motivasi berpengaruh terhadap variabel kompetensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Budi Murtiyasa. 2012. Pemanfaatan Teknologi Informatika dan Komunikasi untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Surakarta : FKIP Univ. Muhammadiyah Surakarta.
[2] IT Governance Institute. (2007). COBIT 4.1 Framework, Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models. Rolling Meadows, IL 60008, USA: IT Governance Institute
[3] L.R Gay, Educational Research : Comptencies For Analysis and Application (New York:Macmillan Publishing Company)
[4] Sasongko, Nanang, 2009, Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit Versi. 4.1, Ping Test Dan Caat Pada Pt.Bank X Tbk. Di Bandung.
[5] Thomson, R., Higgin, C. A., dan Howell, J. M., Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilization, MIS Quartery, 1991.
[6] Zaini, Hisyam. Dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTSD IAIN Sunan Kali Jaga
Published
2019-04-16
How to Cite
[1]
A. Alhibarsyah, “EVALUASI PENGGUNAAN EDMODO TERHADAP MOTIVASI DAN KOMPETENSI BAGI MAHASISWA”, Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 7, no. 1, pp. 55-62, Apr. 2019.